Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar

Media pembelajaran matematika di SD merupakan hal yang sangat penting dalam proses pencapaian standar kompetensi yang diajarkan oleh guru. Saat ini masih kita temukan proses belajar matematika di sekolah-sekolah daras yang dikelola secara kalsikal. Pembelajaran klasikal pada umumnya disenangi oleh guru, karena paling mudah untuk dilaksanakan. Interaksi pun cenderung hanya satu arah dan hampir tidak adanya interaksi dari siswa kepada guru.

Untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada siswa, penggunaan media pembelajaran sebagai alat peraga matematika akan membantu meminimalisir dominasi guru di dalam kelas.

Pada dasarnya pembelajaran matematika di SD dapat dilakukan dengan berbagai strategi dan variasi penyajian materi. Misalnya dengan permainan matematika, membuat produk, praktek dan lain-lain.

Untuk itu diperlukan adanya media pembelajaran matematika SD. Berikut ini adalah panduan perencanaan penggunaan media pembelajaran di sekolah dasar. Dokumen pelatihan supervisi pengajaran untuk sekolah dasar yang disusun oleh Dra. Sukayati, M.Pd pada acara PPPG Matematika Yogyakarta.


Tags:

Subscribe

Silahkan masukkan email Anda disini untuk berlangganan artikel terbaru

Designed by SpicyTricks