Kurikulum Baru Tahun 2013 Terancam Ditunda

kurikulum baru, perekat bangsa, tahun 2013

Kurikulum baru yang akan digunakan pada tahun 2013 nanti sudah mulai mendapatkan tanggapan dari berbagai kalangan masyarakat, termasuk praktisi pendidikan. Waktu persiapan untuk mengolah kurikulum tahun 2013 ini dinilai sangat sempit.

Dr.Muhdi, SH,M.Hum. selaku Rektor IKIP PGRI Semarang menghimbau kepada pemerintah untuk lebih serius dalam membuat kurikulum yang rencananya akan diberi nama "kurikulum perekat bangsa" itu. Pemerintah harus benar-benar memanfaatkan waktu yang ada, dengan sisa waktu kurang lebih 7 bulan untuk melakukan persiapan materi, uji publik, sosialisasi, dan pelatihan guru.

Menurut Muhdi, pemerintah diharuskan memberikan sosialisasi ini secara menyeluruh kepada kalangan guru sebagai pelaksana teknis kurikulum nasional. Dengan begitu, guru-guru diharapkan mengetahui tugas-tugasnya secara pasti, dan hal ini menjadi salah satu faktor penting untuk mencapai keberhasilan tujuan pendidikan nasional.

”Pemerintah tidak boleh bermain-main. Jika sampai salah didik, maka hasil pendidikan ke depan bisa jadi lebih buruk,” kata Muhdi seusai membuka seminar nasional problematika pendidikan di IKIP PGRI Semarang, Selasa (30/10).

Muhdi menambahkan, pemerintah jangan memaksa untuk memberlakukan kurikulum tahun 2013 jika waktu persiapan dalam pembuatannya tidak mencukupi. Pemerintah dapat menunda perubahan kurikulum ini pada tahun yang akan datang. Perubahan kurikulum tahun 2013 mendatang bertujuan untuk mengefesiensi proses pendidikan. Materi pendidikan berkarakter harus termuat didalam semua mata pelajaran sekolah.


cara bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa

Tags: ,

Subscribe

Silahkan masukkan email Anda disini untuk berlangganan artikel terbaru

Designed by SpicyTricks